Uncategorized

Sepak Bola Strategi Pola Penyerangan Pola Teknik

Di Premier League, setiap pertandingannya mempertontonkan sepak bola yang menghibur dengan aliran bola dari kaki ke kaki yang berlangsung cepat. Memang demikian adanya, tapi taktik atau formasi apapun itu tidak menjamin kemenangan sebuah tim.

Yang perlu dicatat dari penampilan Jerman ini adalah sikap mereka yang reaktif terhadap permainan lawan. “Der Panzer” seolah hanya menunggu kesempatan menyerang balik karena trio Podolski, Oezil, dan Mueller sangat efektif saat merangsek musuh. Ketika barisan penyerang mulai macet, gelandang bisa membantu memecah kebuntuan seperti dilakukan Schweinsteiger saat melawan Argentina. Selama putaran final turnamen ini, formasi lima pemain tengah menjadi pilihan banyak tim di fase gugur.

Pertama kali anda ingin memulai, putuskanlah untuk membangun gaya bermain tim anda. Saya biasanya menempatkan banyak penekanan untuk pemain dengan (harus, bila mungkin) kemampuan sentuhan pertama (first touch), ketenangan (composure) dan tekad, kepada seluruh pemain saya. Semua itu bertujuan untuk membangun gaya bermain dan memulai serangan dari sisi yang saya inginkan. Yang dimaksud dengan pola dalam sebuah tim sepak bola terdiri atas, empat orang pemain belakang (bertahan), dua orang pemain tengah (gelandang) dan empat pemain depan (penyerang).

Banyak gol yang tercipta dari tendangan bebas langsung ini, yang dilakukan oleh pemain dengan akurasi tendangan yang baik. Dalam sepak bola, masyarakat Italia akhirnya memilih taktik sebagai cara untuk mengatasi rasa tidak percaya diri mereka dalam fisik. Jangan kaget kalau melihat beragam formasi unik maupun terobosan taktik ketika menyaksikan pertandingan Serie-A. Maklum saja, pelaku sepak bola di sana menggilai taktik permainan setengah mati. Setelah fondasi terbentuk, sekarang waktunya untuk merekonstruksi suatu konsep dasar strategi dan memperkenalkan beberapa konsep dasar yang anda peroleh dari menganalisis formasi untuk dituangkan pada taktik.

Namun perlu diketahui, lima Formasi dibawah ini sering diterapkan oleh pelatih di Liga Inggris. Selain menunjuk seorang pemain sebagai kapten, pelatih juga akan menentukan siapa pemain yang akan mengambil tendangan bebas langsung, tendangan sudut, dan algojo pinalti. Pemain yang ditunjuk untuk melengkapi tendangan bebas langsung haruslah pemain yang memiliki akurasi dan kekuatan tendangan yang cukup baik.

Taktik ini bisa sangat lentur karena sewaktu-waktu bisa berubah menjadi untuk meredam lawan, tapi juga bisa berubah menjadi untuk menyuntikkan serangan. Adapula pola penyerangan dalam permainan sepak bola dengan memanfaatkan ruang kosong yang tersedia. Pola penyerangan sepak bola ini bertujuan untuk melakukan pola operan terobosan agar penyerangan dapat berjalan dengan baik. Seorang center backtidak berdampingan, melainkan masing-masing muka belakang.

Selama dua penyerang yang bermain melebar itu tetap berada jauh di depan, maka akan terlalu berisiko bagi full-back lawan untuk ikut naik membantu serangan timnya. Tiga pemain di sentral lapangan pada formasi bisa bertarung seimbang dengan tiga gelandang milik 4-3-3. Keunggulannya, para pemain sayap di bisa memberi perlindungan ekstra untuk meredam serangan sayap lawan. Liga Primer Inggris harus diakui merupakan salah satu liga paling populer di Eropa dalam satu dekade terakhir, bahkan mungkin yang paling populer di dunia sepak bola saat ini, dibandingkan empat liga top Eopa lainnya.