Uncategorized

Formasi Permainan Sepak Bola

Dalam formasi ini, target yang dipilih tidak biasa, karena ia membutuhkan kelincahan, kecepatan dan kerja keras untuk dapat mengambil umpan sambil berduel dengan para bek tim lawan. Gelandang bertahan di posisi 1 sejajar dengan 2 gelandang yang bertugas bertahan di kiri dan kanan. Oleh karena itu, formasi 4 – 3 – 1 – 2 ini memiliki serangkaian pemain, yang terdiri dari 4 pemain bek dan 3 pemain bertahan 1 penyerang berikutnya 1 lagi pemain multifungsi.

Pembagian posisi pada 5 gelandang ini dimaksud untuk salah satu gelandang untuk menjadi gelandang bertahan. Formasi Sepak Bola dan PenjelasannyaFormasi selanjutnya merupakan formasi untuk fokus untuk menyuplai bola kedepan.

Sedangkan untuk pemain gelandang atau lapangan tengah perlu menjelajah lapangan luas dan tugas kedua pemain tersebut adalah membangun serangan sekaligus bertahan ketika timnya sendiri diserang. formasi ini memakai 3 pemain bertahan yang sejajar, dengan 3 gelandang murni bertahan untuk membantu pertahanan.

Pemain yang terdiri 4 pemain bertahan yang sejajar, 3 gelandang di tengah, sisi kanan dan kiri. walalupun angka 5 yang muncul, tetapi tetap formasi ini mengunakan formasi 3 bek sejajar di belakang. kemudian 1 gelandang bertahan murni dan 2 gelandang serang di yang di posisikan di tengah. 1 gelandang bertahan tersebut akan sejajar dengan 2 Gelandang bertahan kanan dan kiri tersebut.

sehingga jika ingin di bayangkan maka formasinya adalah 3 bek, 3 Gelandang Bertahan Murni, 2 Gelndang serang. dan terakhir pastinya 2 striker sang pengedor lini pertehanan musuh. dalam formasi ini harus memiliki penguasan bola yang kuat, stamina yang kuat dan bermain dengan sabar, serta disiplin menyerang atau bertahan.

Dengan demikian, formasi 4 – 3 – 2 – 1 agak mirip dengan formasi sebelumnya dan susunan pemain memiliki 4 pemain bek dan 3 pemain bertahan 2 menyerang. Jenis formasi 4 – 3 – 3 dalam formasi ini, prioritas pemain sepak bola diperlukan untuk mempertahankan pertahanan yang kuat, agar cukup menyerang dengan hanya tiga pemain inti. Biasanya, formasi ini memiliki kreativitas yang cukup, karena lebih mungkin antara pemain tengah untuk menerima bola dari gelandang ke penyerang yang dipimpin oleh para pemain inti. Kuncinya adalah tempo permainan yang terjaga dan pertahanan yang kuat. Tapi, akan sulit melakukan serangan mendadak dengan formasi ini, terutama kalau para pemain sayap harus bertugas meng-cover pertahanan.

Kecepatan dua pemain sayap Juventus, Juan Cuadrado dan Douglas Costa, juga bisa menjadi opsi lain untuk memperkaya arus serangan ke jantung pertahanan Barcelona. Artinya opsi penyerangan bagi Juventus tidak hanya bertumpu pada Dybala di tengah, namun bisa lebih bervariasi dengan mengandalkan sektor sayap.

Selain itu, Messi pun lebih dibebaskan bergerak dalam sistem permainan Barca saat menguasai bola. Tapi belakangan Valverde tengah memaksimalkan para pemain lain untuk mencetak gol agar tak terlalu Messisentris. Paulinho yang bermain sebagai gelandang pun bisa menjadi solusi lain Barca dalam mencetak gol.