Uncategorized

3 Vs 3 Strategi Sepak Bola

Jika Anda memiliki tangan dan kaki yang cekatan, cobalah bermain sebagai kiper. Ingatlah bahwa menjadi kiper tidak terbatas pada tangan Anda; penjaga gawang harus bisa melompat cepat dalam sekejap mata untuk menghalau tembakan. ; Penerapan dari pola pertahanan seperti ini akan melibatkan seluruh pemain untuk menjaga pergerakan dari tim lawan. Seluruh pergerakan dari setiap pemain di tim lawan akan di kawal dengan sangat ketat. Jadi, pemain lawan akan terus diikuti dengan pemain yang berhadapan di tempat yang sama. Bila bola berpindah ke pemain lain maka pemain yang memiliki posisi lebih dekat harus memiliki inisiatif melakukan penjagaan.

Kiper yang jago serupa dengan kucing, mereka menepis bola sesaat setelah meninggalkan kaki penyerang lawan. Kiper harus mampu membaca seluruh lapangan dan berkomunikasi dengan baik kepada rekan. Kiper juga harus pintar, percaya diri, paham kapan waktunya harus keluar sarang dan memotong umpan atau menunggu tembakan di gawang.

Sementara itu peran kompatriotnya, Roberto Pereyra bisa dibilang memiliki tugas untuk bermain lebih ofensif. Gelandang timnas Argentina ini akan masuk ke posisi belakang penyerang saat transisi menyerang. Dua penggalan kalimat yang diambil dari tulisan tersebut merupakan prinsip dasar overloading, yaitu berusaha menungguli lawan dengan menciptakan keunggulan jumlah pemain.

Untuk mendapatkan sebuah kemenangan di pertandingan sepakbola, jelas kalau sebuah strategi diperlukan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Strategi tersebut bisa diaplikasikan dalam bentuk sebuah skema formasi permainan. Formasi sendiri digunakan agar pemain yang bertanding sangat fokus terhadap posisi yang dimainkan.

Jadi, pemain yang bertanding tidak selalu untuk berlarian terus menerus ke seluruh lapangan pertandingan. Sistem pertahanan dan penyerangan baik individu maupun kelompok dari tim merupakan sebuah taktik. Taktik adalah suatu siasat atau akal yang dirancang dan akan dilaksanakan dalam permainan oleh perorangan, kelompok, maupun tim untuk memenangkan suatu pertandingan secara sportif.

Formasi yang diterapkan Dalic tentu saja digunakan untuk mengantisipasi taktik yang diterapkan tim lawan. Saat menghadapi Nigeria, misalnya, formasi kroasia mampu melakukan serangan dari sektor sayap, melalui Ante Rebic dan Ivan Perisic yang dibantu oleh Ivan Strinic dan Sime Vrsaljko. Jika mereka memaksa bermain dari sektor tengah, aspek fisik gelandang-gelandang Nigeria bisa menyulitkan mereka. Misalkan tim A (merah) menggunakan formasi melawan tim B (kuning) yang juga menerapkan formasi 4-4-2. Ketika tim A mencoba untuk melengkapi build-up dari belakang, tim B menerapkan sistem pressing dengan orientasi penjagaan pemain lawan.

Kedua penyerang tim B menempel kedua bek tim A, ditambah kedua sayap tim B menempel kedua fullback tim A. Formasi dalam sepak bola memiliki tujuan agar permainannya lebih teratur dan terarah sehingga dapat dengan mudah meraih kemenagnan. Sehingga formasi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam memenangkan sebuah pertandingan, formasi umumnya terdiri atas menyerang dan bertahan. Susunan formasi ini tediri dari 4 orang pemain bertahan atau bek, 4 orang pemain tengah atau gelandang, dan 2 orang pemain penyerang atau striker.

Mainkan penyerang sayap jika Anda lihai menggiring bola dan mampu berlari cepat. Formasi dengan penyerang sayap biasanya tidak memiliki gelandang sayap, yang artinya tugas untuk menusuk dari pinggir lapangan dibebankan kepada penyerang sayap. Pemain ini mampu mengumpan silang dengan baik dan terampil di udara, mendapatkan bola dari penyerang di sisi lainnya dan mengirimkannya ke depan. Penyerang sayap juga memiliki ketahanan baik karena mereka bertugas melindungi separuh lapangan atau lebih. Sangat disarankan untuk memiliki kecepatan dan kecekatan, serta keterampilan kaki terkontrol pada kecepatan tinggi. Coba bermain sebagai kiper jika memiliki refleks dan koordinasi mata-tangan yang bagus.